Pengembangan E-Modul Manajemen Perkantoran Berbasis Bot Telegram untuk Membantu Fleksibilitas Belajar Daring Mahasiswa Dimasa Pandemi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.15294/baej.v5i1.6702

Abstract

Pandemi COVID-19 telah memaksa dunia pendidikan untuk beradaptasi dengan metode pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Manajemen Perkantoran berbasis Bot Telegram sebagai alat pendukung pembelajaran daring. E-Modul ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan mudah diakses oleh mahasiswa dan dosen di tengah keterbatasan yang disebabkan oleh pandemi. Dengan memanfaatkan aplikasi media sosial telegram yang populer dan mudah diakses, E-Modul ini diharapkan dapat membantu fleksibilitas belajar dari dimasa pandemi bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah manajemen perkantoran secara daring atau pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini berupa e-modul manajemen perkantoran berbasis bot telegram yang telah diuji oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna (mahasiswa). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan E-Modul ini layak untuk digunakan dalam membantu fleksibilitas belajar Mahasiswa dalam pembelajaran daring dimasa pandemi. Selain itu, selain itu juga terdapat saran dan masukkan yaitu berupa penambahan ruang diskusi dan umpan balik untuk mahasiswa.

Downloads

Article ID

6702

Published

2024-06-10