Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Dasar Dasar Pemasaran di Kelas X SMK Pelita Nusantara 1 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.15294/baej.v5i1.8649Keywords:
Evaluasi; Implementasi Kurikulum; Kurikulum Merdeka.Abstract
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan desain pembelajaran Intrakurikuler yang memberikan waktu lebih banyak kepada siswa untuk mengeksplorasi konsep dan meningkatkan kompetensinya secara optimal. Namun guru-guru SMK Pelita Nusanntara 1 Semarang mengalami kenda dalam pembuatan perangkat ajar dan dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kesesuaian dan mengetahui hambatan pelaksanaan kurikulum Merdeka dalam pelaksanaan pembelajaran dasar-dasar pemasaran di kelas X BDP SMK Pelita Nusantara 1 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif dilakukan dengan metode CIPP menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai alat instrumen pengumpulan data penelitian. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, lalu ditarik dengan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran kelas X BDP di SMK Pelita Nusantara 1 Semarang sudah sesuai dengan mekanisme pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka. Kemudian beberapa aspek hambatan yang dijumpai yaitu guru belum memiliki kompetensi yang cukup untuk memenuhi tuntutan sistem evaluasi penilaian pada kurikum merdeka, kurang lengkapnya sarana prasarana, beberapa guru mengalami keterbatasan waktu dan belum menguasi teknologi, serta siswa cenderung lebih pasif dalam pembelajaran.