Pengaruh Keterampilan Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan UNNES terhadap Kepuasan Klien
DOI:
https://doi.org/10.15294/bbhe.v14i1.18561Keywords:
pengaruh, keterampilan komunikasi, kepuasan klien, jasa kecantikanAbstract
Keterampilan komunikasi sangat penting bagi mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan UNNES karena mereka beroperasi di bidang jasa tata kecantikan yang sering berinteraksi langsung dengan klien, dan kurangnya keterampilan ini dapat berdampak negatif pada kepuasan klien serta mempengaruhi keberhasilan bisnis mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur keterampilan komunikasi mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan UNNES, mengukur kepuasan klien yang dilayani oleh mahasiswa tersebut, serta menganalisis hubungan antara keterampilan komunikasi mahasiswa dengan tingkat kepuasan klien. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Subjek dari penelitian ini adalah klien dari mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan UNNES dan menggunakan instrumen kuesioner. Hasil penelitian dari analisis statistik deskriptif dan persentase menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan UNNES dari 134 responden memperoleh nilai kategori sangat baik sebesar 76,87%, sementara kepuasan klien yang dilayani oleh mahasiswa tersebut juga menunjukkan nilai sangat baik dengan perolehan sebesar 76,12%; analisis regresi linear sederhana mengindikasikan bahwa keterampilan komunikasi memiliki hubungan yang kuat dan pengaruh signifikan terhadap kepuasan klien. Berdasarkan kesimpulan penelitian, saran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan UNNES dan kepuasan klien mencakup pengembangan kurikulum pelatihan komunikasi, peningkatan kesediaan merekomendasikan layanan, pemanfaatan teknologi dalam layanan, penyelenggaraan workshop dengan praktisi industri, evaluasi berkelanjutan terhadap keterampilan komunikasi, penelitian lebih lanjut mengenai faktor lain yang mempengaruhi, serta peningkatan kompetensi layanan secara holistik.