Efektivitas Pembelajaran Menggunakan E-Modul pada Mata Pelajaran Pewarnaan Rambut di SMK Negeri 1 Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.15294/bbhe.v14i1.30533Keywords:
Kata Kunci: Efektivitas, E-modul, Pewarnaan Rambut, Double Application, Pembelajaran DigitalAbstract
Pembelajaran pewarnaan rambut menjadi masalah yang dianggap sulit di SMK Negeri 1 Pekalongan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang masih rendah, yaitu 71% dari 35 siswa memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan e-modul pada mata pelajaran pewarnaan rambut di SMK Negeri 1 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre-test and post-test. Sampel penelitian berjumlah 35 siswa kelas XI Tata Kecantikan, dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan meliputi validasi oleh dua validator instrumen, satu panelis ahli materi, satu panelis ahli media, serta angket respon siswa. Data juga diperoleh dari nilai pre-test dan post-test siswa. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa E-Modul dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata Aiken’s V sebesar 0,80 dari ahli materi dan 0,76 dari ahli media. Hasil angket respon siswa menunjukkan kategori sangat positif dengan persentase sebesar 91%. Nilai rata-rata pre-test siswa sebesar 63,5, meningkat menjadi 85,4 pada post-test, menunjukkan peningkatan yang signifikan. E-Modul yang dikembangkan menggunakan Canva ini mencakup video tutorial, langkah-langkah praktik pewarnaan rambut, dan navigasi interaktif yang mendukung pembelajaran mandiri. Kesimpulan pembelajaran menggunakan E-Modul efektif meningkatkan pemahaman, serta minat dan kemandirian belajar siswa.