Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Konsumenterhadap Nail Art Karakter di Rits Beauty Look Semarang
DOI:
https://doi.org/10.15294/bbhe.v14i2.34377Keywords:
Minat Konsumen, Nail Art Karakter, Kualitas ProdukAbstract
Meningkatnya tren nail art karakter sebagai bagian dari gaya hidup, meskipun popularitasnya semakin tinggi, minat
konsumen terhadap layanan ditingkat lokal masih fluktuatif, hal ini dimungkin adanya faktor yang mempengaruhi. Tujuan
penelitian untuk menganalisis faktor yang memengaruhi minat konsumen dalam menggunakan jasa nail art karakter di Rits
Beauty Look Semarang, meliputi harga, kualitas produk, pelayanan, promosi, dan merek. Metode menggunakan pendekatan
kuantitatif deskriptif dengan teknik total sampling. Populasi 100 konsumen berusia 17–35 tahun yang telah menggunakan
layanan nail art di Rits Beauty Look dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Pengumpulan data observasi, kuesioner,
dokumentasi, dan wawancara, sederhana Hasil penelitian menunjukkan faktor pengaruh tertinggi adalah kualitas produk 83%
, faktor terendah promosi 61% Pada aspek nail art, penilaian tertinggi ketahanan hasil nail art sebesar 84% nilai terendah
desain dan teknik sebesar 78% . Kesimpulan kualitas produk dan ketahanan hasil nail art menjadi faktor dominan yang
mendorong minat konsumen, strategi promosi perlu ditingkatkan untuk memperluas jangkauan pasar. Saran diharapkan bagi
pelaku usaha jasa kecantikan dalam merancang strategi pemasaran dan layanan lebih efektif.