Alumni sebagai Refleksi Pembelajaran: KeterkaitanPenguasaan Kompetensi dan Metode Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.15294/bbhe.v14i2.35203Keywords:
Status alumni, Refleksi Pembelajaran, Penguasaan Kompetensi, Metode PembelajaranAbstract
Aspek penting evaluasi ini adalah efektivitas metode pembelajaran dalam membentuk kompetensi kerja yang
relevan. Penelitian ini membahas keterkaitan antara metode pembelajaran dan penguasaan kompetensi terhadap status
alumni Program Studi Pendidikan Tata Rias UNESA. Tujuan penelitian mencakup: (1) mendeskripsikan status alumni
pasca kelulusan; (2) mengungkap kondisi pembelajaran yang dialami alumni selama studi; dan (3) menganalisis hubungan
antara keduanya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif melalui survei terhadap 33 alumni. Hasil
menunjukkan alumni mayoritas telah bekerja atau melanjutkan studi, serta menguasai berbagai kompetensi kerja. Meskipun
metode pembelajaran yang diterima bervariasi, tidak ditemukan hubungan signifikan antara penekanan metode
pembelajaran dan penguasaan kompetensi. Temuan ini menjadi masukan bagi evaluasi kurikulum yang lebih responsif
terhadap kebutuhan dunia kerja.