Pengaruh Tayangan Beauty Vlogger terhadap Peningkatan Pengetahuan Tata Rias Korektif Mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan UNNES
Abstract
Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi yang berkembang begitu pesat khususnya dalam bidang kecantikan diiringi dengan munculnya beauty vlogger yang dapat mempengaruhi mahasiswa program studi pendidikan tata kecantikan dalam peningkatan pengetahuan tata rias korektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah tayangan beauty vlogger berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan tata rias korektif pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Kecantikan Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan analisis linear sederhana. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pengaruh beauty vlogger. Variabel terikat yaitu peningkatan pengetahuan tata rias korektif. Teknik pengumpulan data melalui angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi, uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan tayangan beauty vlogger dapat berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan tata rias korektif pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Kecantikan Universitas Negeri Semarang. Pengujian pengaruh tayangan beauty vlogger dalam penelitian ini dilakukan melalui 2 tahap yaitu tahap pertama berupa uji validitas dan reliabilitas. Tahap kedua dilakukan dengan analisis regresi linier. Hasil pengujian statistik pada nilai rata-rata tersebut menunjukkan adanya pengaruh secara statistik (p = 0.000 < 0.05). Kondisi demikian menunjukkan bahwa kondisi kini menggambarkan bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa akan meningkat dengan diberikannya tayangan beauty vlogger yang mendapatkan beauty vlogger memiliki pengaruh positif terhadap pengetahuan tata rias korektif yang lebih baik. Hasil menunjukkan bahwa tayangan beauty vlogger merupakan media yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa untuk melakukan tata rias korektif.