PENGARUH PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN, SARANA, PRASARANA PENDIDIKAN, DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP TINGKAT KESUKSESAN USAHA KECANTIKAN

Authors

  • Anadia Krsna Putri unnes Author
  • Trisnani Widowati unnes Author
  • Feti Fatikhatul Uza Author

Abstract

Banyaknya salon kecantikan yang sukses bermunculan di kalangan masyarakat bukan dari latar belakang Pendidikan Tata Kecantikan. Hal ini menjadi tantangan bagi lulusan Pendidikan Tata Kecantikan, untuk juga dapat meningkatkan usaha salon kecantikan yang dimiliki hingga sukses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh Pendidikan Tata Kecantikan, sarana, prasarana pendidikan dan motivasi berwirausaha terhadap tingkat kesuksesan usaha kecantikan pada lulusan Prodi Pendidikan Tata Kecantikan UNNES. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 12 lulusan Prodi Pendidikan Tata Kecantikan UNNES yang memiliki salon di Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif, uji korelasi rank spearman, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya masing-masing korelasi sebesar 0,894; 0,291; 0,328; dan 0,839 serta koefisien determinasi sebesar 77,9%; 8,4%; 10,7%; dan 70,4% antara Pendidikan Tata Kecantikan, sarana, prasarana pendidikan, dan motivasi berwirausaha terhadap tingkat kesuksesan usaha kecantikan pada lulusan Prodi Pendidikan Tata Kecantikan UNNES. Simpulan penelitian ini ialah adanya pengaruh yang signifikan dan kuat antara Pendidikan Tata Kecantikan dan motivasi berwirausaha terhadap tingkat kesuksesan usaha kecantikan lulusan Prodi Pendidikan Tata Kecantikan UNNES dan pada sarana prasarana pendidikan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dan berpengaruh kecil terhadap tingkat kesuksesan usaha kecantikan pada lulusan Prodi Pendidikan Tata Kecantikan UNNES

Downloads

Article ID

4397

Published

2024-05-08

Issue

Section

Articles