WILLINGNESS TO PAY PRODUK EKONOMI KREATIF BERLABEL RAMAH LINGKUNGAN DI KALANGAN GENERASI MILENIAL KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.15294/beaj.v4i1.j41fbq28Keywords:
Generasi Milenial, Produk Ekonomi Kreatif, Ramah Lingkungan, Willingness to PayAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menganalisis berapa besar nilai yang bersedia dibayarkan generasi milenial di Kota Semarang untuk produk ekonomi kreatif berlabel ramah lingkungan menggunakan analisis Contingent Valuation Method (CVM) dan determinasi willingness to pay dengan regresi linier berganda. Model penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan data primer yang didapatkan dengan cara pengisian kuesioner dari 100 responden yang merupakan kelompok generasi milenial di Kota Semarang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas produk, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, dan kesadaran lingkungan. Hasil yang diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 62% dan seluruh variabel bebas secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap willingness to pay produk ekonomi kreatif berlabel ramah lingkungan. Sedangkan untuk masing-masing variabel bebas yaitu: kualitas produk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap willingness to pay produk ekonomi kreatif berlabel ramah lingkungan, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap produk ekonomi kreatif berlabel ramah lingkungan, dan variabel kesadaran lingkungan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap willingness to pay produk ekonomi kreatif berlabel ramah lingkungan.

