DETERMINAN MINAT MELANJUTKAN STUDI PERGURUAN TINGGI PADA SISWA AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BATANG
DOI:
https://doi.org/10.15294/beaj.v4i1.t51r4z24Keywords:
Motivasi Belajar, Persepsi Biaya Pendidikan, Prestasi Belajar, Self-Efficacy, Status Sosial EkonomiAbstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan menengah yang mempersiapkan lulusannya siap memasuki dunia kerja. Namun seiring berjalannya waktu, persyaratan untuk mendapatkan pekerjaan semakin tinggi dan memerlukan sumber daya manusia dengan tingkat pendidikan yang tinggi. Penelitian ini menguji pengaruh motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, prestasi belajar, persepsi biaya pendidikan, dan efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa akuntansi di SMK Negeri 1 Batang. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa akuntansi kelas X sampai XII SMK Negeri 1 Batang tahun ajaran 2023/2024, dengan jumlah sampel sebanyak 168 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan studi di perguruan tinggi. Status sosial ekonomi orang tua, prestasi belajar, persepsi biaya pendidikan, dan efikasi diri tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Pihak sekolah disarankan untuk memberikan motivasi dan fasilitas kepada siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

