Rancang Bangun Modul Pembelajaran Aplikasi Op-Amp Berbasis IC 741 dan IC TL 084 untuk Praktikum Perancangan Elektronika

Authors

DOI:

https://doi.org/10.15294/adv03j70

Keywords:

Aplikasi Op-Amp, IC 741, IC TL 084, Penguatan, Modul Pembelajaran

Abstract

Dalam penelitian ini mengupayakan sebuah perancangan dan mengembangkan modul pembelajaran komprehensif yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman tentang aplikasi penguat operasional (Op-Amp), khususnya dengan memanfaatkan IC 741 dan IC TL 084. Modul ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman langsung melalui serangkaian eksperimen yang menggunakan Op-Amp dalam konfigurasi dasar, termasuk didalamnya terdapat konfigurasi rangkaian Op-Amp membalik, tidak membalik, penjumlahan, diferensial dan integrator. Proses desain ini meliputi pembuatan papan sirkuit cetak (PCB) yang kemudian digunakan untuk menempatkan sebuah komponen dan penghubungan beberapa komponen inti dengan komponen lainnya. Diharapkan bahwa penerapan modul ini akan secara signifikan meningkatkan pemahaman dan kemahiran pengguna dalam menerapkan Op-Amp dalam sistem elektronik analog. Pengujian ekstensif dilakukan untuk memvalidasi fungsionalitas dan kegunaan modul, dengan temuan yang menunjukkan keefektifannya dalam memfasilitasi pemahaman mahasiswa dan peserta praktikum tentang prinsip operasional dan aplikasi praktis Op-Amp. Lebih jauh lagi, modul ini diharapkan dapat menjadi sumber daya yang berharga bagi kemajuan kurikulum teknik elektro pada jenjang pendidikan tinggi.

Author Biographies

  • Muhamad Nur Alvyangga Saputro, Politeknik Angkatan Darat

    Teknik Elkasista, Jurusan Elektronika 

  • Kasiyanto, Politeknik Angkatan Darat

    Teknik Elkasista, Jurusan Elektronika Politeknik Angkatan Darat 

  • Mokhammad Syafaat, Politeknik Angkatan Darat

    Teknik Elkasista, Jurusan Elektronika 

  • Mokhammad Syafaat, Politeknik Angkatan Darat

    Teknik Elkasista, Jurusan Elektronika 

  • Dekki Widiatmoko, Politeknik Angkatan Darat

    Teknik Elkasista, Jurusan Elektronika 

Downloads

Article ID

17198

Published

2024-12-16