Efektivitas Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Geografi pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana

Authors

  • Lia Nuraeni Departemen Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Semarang Author
  • Edi Kurniawan Departemen Geografi, Universitas Negeri Semarang Author
  • Juhadi Juhadi Departemen Geografi, Universitas Negeri Semarang Author
  • Aprillia Findayani Departemen Geografi, Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/6fhfzv48

Keywords:

efektivitas, media, komik,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain komik digital, pelaksanaan pembelajaran geografi menggunakan komik digital serta efektivitas komik digital sebagai media pembelajaran geografi terhadap hasil belajar siswa pada materi mitigasi dan adaptasi bencana kelas XI SMA Teuku Umar Semarang. Jenis  penelitian ini yaitu pre-eksperiment dengan desain one group pre-test dan post-test yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, test, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan rumus presentase, Uji-t dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada desain komik didapat validasi media dengan presentase 80% yang artinya layak digunakan, materi 85% yaitu sangat layak digunakan dan di desain berbasis web. Pada pelaksanaan pembelajaran geografi aktivitas guru diperoleh presentase 83,5% yang artinya sangat baik dan aktivitas siswa diperoleh rata-rata presentase 80% yaitu baik. Sedangkan respon siswa terbadap komik digital sebagai media pembelajaran geografi juga memperoleh presentase 75% yang artinya respon siswa baik. Hasil perhitungan diperoleh Uji t sebesar 0,00 yang menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan post-test serta diperoleh nilai N-Gain dengan presentase 56% yang artinya cukup efektif. Hal ini menunjukkan bahwa komik digital mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta cukup efektif bila digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Article ID

10850

Published

2024-08-31