Efektivitas Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Geografi pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana
DOI:
https://doi.org/10.15294/6fhfzv48Keywords:
efektivitas, media, komik,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain komik digital, pelaksanaan pembelajaran geografi menggunakan komik digital serta efektivitas komik digital sebagai media pembelajaran geografi terhadap hasil belajar siswa pada materi mitigasi dan adaptasi bencana kelas XI SMA Teuku Umar Semarang. Jenis penelitian ini yaitu pre-eksperiment dengan desain one group pre-test dan post-test yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, test, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan rumus presentase, Uji-t dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada desain komik didapat validasi media dengan presentase 80% yang artinya layak digunakan, materi 85% yaitu sangat layak digunakan dan di desain berbasis web. Pada pelaksanaan pembelajaran geografi aktivitas guru diperoleh presentase 83,5% yang artinya sangat baik dan aktivitas siswa diperoleh rata-rata presentase 80% yaitu baik. Sedangkan respon siswa terbadap komik digital sebagai media pembelajaran geografi juga memperoleh presentase 75% yang artinya respon siswa baik. Hasil perhitungan diperoleh Uji t sebesar 0,00 yang menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan post-test serta diperoleh nilai N-Gain dengan presentase 56% yang artinya cukup efektif. Hal ini menunjukkan bahwa komik digital mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta cukup efektif bila digunakan sebagai media pembelajaran.