Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembelajaran Geografi Materi Dinamika Kependudukan Siswa Kelas XI IPS di SMA N 1 Kurik Kabupaten Merauke
DOI:
https://doi.org/10.15294/knyatt73Keywords:
Effectiveness, Learning Media, Instagram, Geography Skills, Population Dynamics.Abstract
Materi pembelajaran geografi sangatlah membutuhkan peranan media pembelajaran sebagai alat untuk mewakili fenomena yang dikaji. Dalam proses pembelajaran geografi siswa dituntut untuk dapat mengimplementasikan keterampilan geografi. Sebagian besar siswa di SMA N 1 tidak memenuhi KKM hasil belajar dan keterampilan geografi. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik generasi z, media tersebut adalah instagram. Tujuan penelitian (1) mengetahui bagaimana pelaksanaan penggunaan media sosial instagram terhadap hasil belajar peserta didik (2) menganalisis efektivitas pembelajaran dengan menggunakan media sosial instagram terhadap keterampilan geografi siswa. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah XI IPS 1, penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian adanya peningkatan rata-rata skor pretest dan postest dari keterampilan geografi siswa yang awalnya memperoleh skor 50% menjadi 75,4% dengan kriteria rata-rata tuntas. Sedangkan untuk hasil belajar siswa yang awalnya rata-rata 62 menjadi 78 dengan persentase hasil belajar siswa yang awalnya hanya hanya 36% menjadi 80,5% jumlah siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil angket siswa memperoleh hasil 86,1% hasil angket ini tergolong sangat efektif. Tingkat efektivitas media pembelajaran instagram terhadap keterampilan geografi siswa setelah dilakukan uji n-gain memperoleh hasil 0.5406 dan hasil belajar 0.4366 sehingga hasil uji n-gain score keduanya termasuk dalam kategori tingkat keefektivan media adalah sedang.