Efektivitas Pemanfaatan Objek Wisata Waduk Kedungombo Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Sumberlawang Kabupaten Sragen
DOI:
https://doi.org/10.15294/6n1z3w42Keywords:
Efektivitas, Hasil Belajar Geografi, Objek Wisata, Sumber BelajarAbstract
SMA Negeri 1 Sumberlawang umumnya kurang adanya program kunjungan secara langsung ke lapangan bagi peserta didik oleh pihak sekolah. Selain itu belum dilaksanakannya pembelajaran dengan metode outdor study, dimana hasil belajar siswa masih tergolong cukup rendah, oleh karena itu diperlukan pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar salah satunya yaitu objek wisata Waduk Kedungombo. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan memanfaatkan Waduk Kedungombo sebagai sumber belajar, 2) mengetahui hasil belajar kognitif dalam pembelajaran outdoor study, 3) menganalisis efektivitas pemanfaatan objek wisata Waduk Kedungombo sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar Geografi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest posttest. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan memanfaatkan Waduk Kedungombo sebagai sumber belajar di SMA Negeri 1 Sumberlawang melalui pengamatan yang dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan tersebut terlaksana sangat baik. 2) Pembelajaran menggunakan metode outdoor study dengan memanfaatan objek wisata Waduk Kedungombo sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar. 3) Penggunaan metode outdoor study menunjukkan bahwa pemanfaatan objek wisata Waduk Kedungombo sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, namun kurang efektif. Nilai rata-rata pretest sebesar 73,47 dan nilai rata-rata posttest sebesar 86,94. Kemudian untuk nilai N Gain score diperoleh nilai sebesar 0,54 dengan persentase sebesar 54,15%.