Pengaruh Model Pembelajaran Earthcomm Berbantuan WebGIS Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa

Authors

  • Luna Pranardia Universitas Negeri Malang Author
  • Nur Kholifatun Nisa’ Universitas Negeri Malang Author
  • Nevi Naralita Universitas Negeri Semarang Author
  • Krisnawati Baby Universitas Negeri Malang Author
  • Lisa Kamalia Universitas Negeri Malang Author
  • Ibnu Fajar Universitas Negeri Malang Author
  • Hadi Soekamto Universitas Negeri Malang Author
  • Tuti Mutia Universitas Negeri Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/qa3xdz96

Keywords:

Model Pembelajaran Earthcomm, WebGIS, Kemampuan Berpikir Spasial

Abstract

Kemampuan berpikir spasial merupakan  kemampuan mengola dan menguasai informasi yang diperoleh dalam ruang. Model Earthcomm merupakan model yang berorientasi pada penyelesaian permasalahan di bumi yang dipelajari diluar angkasa. Berkaitan dengan variabel tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Earth Science System In The Community berbantuan WebGIS terhadap kemampuan berpikir spasial. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimenal dengan menerapkan Post test only control group design. Sampel dalam penelitian ini tidak lebih dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data diperole dari lembar tes kemampuan berpikir spasial yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Soal tes dirancang sesuai dengan indikator kemampuan berpikir spasial dan materi geografi. Analisis menggunakan uji Mann Witney berbantuan SPSS 16 for Windows. hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar 76 dibandingkan kelas kontrol 65. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bawa model pembelajaran Earthcomm  berbantuan WebGIS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Model Earthcomm melibatkan siswa belajar secara aktif dan langsung dalam melakukan penyelidikan yang terbukti mampu merangsang kesadaran siswa untuk memaami permasalahan mendasar mengenai kondisi dan letak geografi suatu daerah.

Downloads

Published

2025-04-17

Article ID

19673