Pengaruh Tingkat Literasi Keterampilan Dasar Mengajar Terhadap Keberhasilan Praktik Mengajar LANTIP Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang

Authors

  • Qais Ray Muhammad Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Semarang Author
  • Wahid Akhsin Budi Nur Sidiq Departemen Geografi, Universitas Negeri Semarang Author
  • Apik Budi Santoso Departemen Geografi, Universitas Negeri Semarang Author
  • Andi Irwan Benardi Departemen Geografi, Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/j037s908

Keywords:

Keterampilan Dasar Mengajar, Praktik Mengajar, LANTIP

Abstract

Keterampilan dasar mengajar merupakan bekal penting bagi calon guru untuk melaksanakan pembelajaran . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tingkat literasi keterampilan dasar mengajar terhadap keberhasilan praktik mengajar LANTIP. Penelitian ini menggunakan populasi mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan 2021 yang mengikuti program praktik mengajar LANTIP dengan sampel berjumlah 24 mahasiswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengetahuan keterampilan dasar mengajar sebesar 71% yang dikategorikan tinggi dan skor implementasi keterampilan dasar mengajar sebesar 75% yang dikategorikan baik. Sedangkan hasil penelitian terkait praktik mengajar menunjukkan keberhasilan pelaksanaan sangat tinggi dengan skor 82%.  Diketahui juga terdapat pengaruh dari keterampilan dasar mengajar terhadap keberhasilan praktik mengajar LANTIP dengan kotribusi pengaruh sebesar 33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan 2021 telah menguasai keterampilan dasar mengajar dan telah berhasil dalam melaksanakan praktik mengajar LANTIP. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian juga menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan dari keterampilan dasar mengajar terhadap keberhasilan praktik mengajar LANTIP.

Downloads

Published

2025-04-17

Article ID

19808