EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING QR BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 CEPU
DOI:
https://doi.org/10.15294/edugeo.v13i2.21830Keywords:
Geografi, Hasil Belajar, Pengembangan Media Pembelajaran, Multimedia InteraktifAbstract
Berdasarkan hasil observasi di SMA N 1 Cepu, beberapa guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi secara maksimal karena minimnya pengetahuan dalam mengembangkan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan Menganalisis efektifitas media pembelajaran mind mapping QR berbasis aplikasi android materi ketahanan pangan, industri dan energi terhadap hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cepu. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan populasi penelitian dari kelas 11 IPS Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah dianggap layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran geografi, berdasarkan hasil validasi oleh guru mata pelajaran geografi SMA N 1 Cepu sebesar 78,33% dan 70% yang cukup baiak. Dalam hal ini media pembelajaran yang di uji bisa meningkatnya hasil belajar siswa secara signifikan yang dapat dilihat darai hasil dari pre-test yang hanya mencapai 54,38 menjadi 78,38 setelah menerapkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Kesimpulan penggunaan media yang menarik seperti gambar, peta, dan materi dengan animasi dapat membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, sehingga hasil belajar mereka pun menjadi lebih maksimal.