Efektivitas Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Keragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Ungaran, Kabupaten Semarang

Authors

  • India Salsabila Zahra Ashifa Universitas Negeri Semarang Author
  • Rahma Hayati Departemen Geografi, Universitas Negeri Semarang Author
  • Apik Budi Santoso Departemen Geografi, Universitas Negeri Semarang Author
  • Edi Kurniawan Departemen Geografi, Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/edugeo.v13i2.21967

Keywords:

Efektivitas, Model Pembelajaran PBL, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Geografi menggunakan model pembelajaran PBL,menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa,dan mengetahui respon siswa mengenai penerapan model pembelajaran PBL.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest – posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Ungaran yang mengambil peminatan mata pelajaran Geografi. Penentuan sampel menggunakan teknik non random sampling dengan metode purposive sampling dengan diperoleh kelas XI 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, tes, angket, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kinerja guru pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran PBL sesuai dengan yang terdapat di modul ajar, sehingga memperoleh hasil sebesar 97,22% (kategori sangat baik). 2) Penerapan model pembelajaran PBL Pada Materi Keragaman Hayati di SMA Negeri 1 Ungaran termasuk dalam kategori cukup efektif dengan hasil uji N-Gain Score sebesar 65,13 % yang berarti penerapan model pembelajaran PBL tersebut cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 3) Respon siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran geografi dengan menerapkan model pembelajaran PBL yaitu sebesar 84% dan termasuk kategori sangat setuju.

Downloads

Published

2025-11-29

Article ID

21967