Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar geografi siswa SMA

Authors

  • Aprilia Wulan Iza Tul’Ulum Author
  • Sri Astutik Author
  • Elan Artono Nurdin Universitas Jember Author
  • Yushardi Yushardi Universitas Jember Author
  • Fahmi Arif Kurnianto Universitas Jember Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/edugeo.v13i2.22188

Keywords:

Problem Based Learning Berbasis STEM, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi , Hasil Belajar Geografi

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran geografi dilihat dari indikator C4, C5, dan C6 yang mempengaruhi hasil belajarnya. Oleh karena itu, solusi yang bisa diberikan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar geografi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen yang dirancang melalui desain posttest only control group design. Teknik analisis data yang digunakan melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi berdasarkan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test sebesar Sig 0,000 < 0,05; b) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap hasil belajar geografi siswa SMA melalui uji hipotesis menggunakan independent sample t-test senilai Sig 0,000< 0,05. Artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Downloads

Published

2025-11-29

Article ID

22188