Pengaruh Model Pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (REQOL) Berbasis Nearpod Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Andini Inka Yuwono Universitas Jember Author
  • Sri Astutik Universitas Jember Author
  • Elan Artono Nurdin Universitas Jember Author
  • Era Iswara Pangastuti Universitas Jember Author
  • Fahmi Arif Kurnianto Universitas Jember Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/edugeo.v13i1.22191

Keywords:

Model pembelajaran REQOL, Nearpod, Kemampuan berpikir kreatif

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi siswa, guru dan media sumber belajar pada suatu lingkungan pembelajaran. Pemanfaatan model dan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (REQOL) berbasis nearpod terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Metode penelitian eksperimen dengan desain posttest only control group design. Hasil post-test kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen memiliki rata-rata 71.25 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 58.13. Data hasil uji t-test berdasarkan pest-test kemampuan berpikir kreatif menunjukkan nilai sig. (2-Tailed) 0,001. Sehingga didapatkan ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran REQOL berbasis nearpod terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa di kelas eskperimen dan kelas kontrol.

Downloads

Published

2025-06-30

Article ID

22191