Dukungan Guru dalam Mendorong Kepedulian Lingkungan Hidup pada Peserta Didik: Studi di SMP Negeri Kota Malang

Authors

  • Bintang Muhammad Sahara Efendi Universitas Negeri Malang Author
  • Novian Candra Kurniawan Universitas Negeri Malang Author
  • Rizki Novfredy Pradana Program Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/edugeo.v13i2.22738

Keywords:

Dukungan Guru, Kepedulian Lingkungan, Perilaku Pro-Lingkungan, Sekolah Hijau

Abstract

Fokus penelitian ini ingin mengkonfirmasi variabel environmental concern, pro-environmental behaviors, dan teacher suport terhadap green school. Kemudian, kami juga menggunakan teacher suport untuk menjadi moderator dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini kami menggunakan Paul Leedy untuk menentukan ukuran sampel. Dari penyebaran kuesioner, didapatkan sebanyak 200 sampel yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Partial Least Square dan importance-performance map analysis digunakan untuk menganalisis data yang telah didapatkan. Hasilnya, ditemukan bahwa pro-environmental behaviors dan environmental concern secara positif dan signifikan berkorelasi dengan teacher support. Kemudian, environmental concern dan teacher support berkorelasi positif dan signfikan terhadap green school. Namun, pro-environmental behaviors tidak memiliki efek positif dan signifikan terhadap green school. Berkenaan dengan pengujian moderasi, ditemukan bahwa dukungan guru tidak dapat memoderasi hubungan antara environmental concern, pro-environmental behaviors terhadap green school. Secara empiris, diperlukan adanya integrasi kurikulum lingkungan dan pelatihan guru untuk mencapai sekolah hijau yang efektif.

Downloads

Published

2025-11-29

Article ID

22738