Implementasi Program Adiwiyata Mandiri dalam Mewujudkan Sekolah Berbudaya Lingkungan di SMA Negeri 1 Parakan
DOI:
https://doi.org/10.15294/edugeo.v13i2.23838Keywords:
Implementasi, Adiwiyata, DampakAbstract
SMA Negeri 1 Parakan telah berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata dengan predikat mandiri pada tahun 2024. Namun, dalam mengimplementasikan program Adiwiyata tantangan yang dihadapi yaitu membentuk budaya peduli lingkungan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengelolaan, partisipasi serta dampak program Adiwiyata terutama dalam pengimplementasiannya membentuk budaya peduli lingkungan pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods (kualitatif dan kuantitatif). Populasi penelitian ini yaitu seluruh warga sekolah SMA Negeri 1 Parakan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Ketua Tim Adiwiyata, Guru, Staf Karyawan, Siswa kelas X 31 siswa, kelas XI 30 siswa dan kelas XII 30 siswa dengan metode pengambilan sampel adalah probability sampling. Teknik analisis data kualitatif adalah analisis data menurut Miles dan Huberman sedangkan pada data kuantitatif menggunakan analisis skala likert. Hasil penelitian ini pada manajemen pengelolaa program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Parakan telah berjalan dengan baik dan sudah sesuai dengan prinsip-prinsip keberlanjutan lingkungan. Partisipasi warga sekolah pada program Adiwiyata ini bahwa secara keseluruhan warga sekolah berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan sekolah. Secara keseluruhan program ini memberikan dampak positif bagi siswa. Dampak yang signifikan dilihat pada aspek pengetahuan dengan kategori sangat baik dengan skor rata-rata 67,2, aspek sikap dengan kategori cukup dengan skor rata-rata 25,5, dan aspek partisipasi serta perilaku dengan kategori baik pada siswa dengan skor rata-rata 58,2.