Inovasi Pembelajaran Persebaran Flora dan Fauna Endemik Berbasis Geographical Location Menggunakan ArcGIS StoryMaps: Studi Kasus SMAN 07 Surakarta

Authors

  • Hasan Adi Nugraha Universitas Gadjah Mada Author
  • Urmila Zulfa Khairunnisa Universitas Gadjah Mada Author
  • Handika Mukti Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/y7pt6t63

Keywords:

ArcGIS StoryMaps, Media Pembelajaran, Flora Fauna

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah platform pembelajaran digital yang berfokus pada pemahaman tentang sebaran flora dan fauna endemik Indonesia bagi siswa SMA Kelas XI, menggunakan teknologi ArcGIS StoryMaps. Metode penelitian yang diterapkan adalah Research and Development dengan menerapkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pengujian dilakukan di SMAN 07 Surakarta, Jawa Tengah, dengan melibatkan siswa dari kelas 11 G dan 11 F. Data kuantitatif diperoleh melalui validasi dari ahli media dan materi, angket yang diisi oleh siswa dan guru, serta pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform pembelajaran digital ArcGIS StoryMaps dengan fokus pada lokasi geografis memenuhi kriteria keberterimaan yang telah ditetapkan. Penilaian tersebut didukung oleh ahli dalam bidang media dan materi, serta hasil pengujian lapangan oleh guru dan siswa. Platform ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, terbukti dengan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil post-test sebesar 9,22 poin. Selain itu, platform ini juga berhasil memperkuat keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical thinking, dan Creativity) siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan platform pembelajaran digital berbasis ArcGIS StoryMaps dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran geografi, terutama dalam memahami sebaran flora dan fauna endemik Indonesia. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran geografi.

Author Biographies

  • Urmila Zulfa Khairunnisa, Universitas Gadjah Mada

    Departemen Sains Informasi Geografi, Universitas Gadjah Mada, Indonesia

  • Handika Mukti, Universitas Negeri Semarang

    Jurusan Sosiologi dan Antropologi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Downloads

Article ID

2783

Published

2024-08-27