Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Ecobrick Untuk Meningkatkan Ecoliteracy Siswa Pada Ekstrakurikuler Pramuka di MTSS Al Hikam Jombang
DOI:
https://doi.org/10.15294/9ftgzc47Keywords:
Efektivitas, Model Pembelajaran Project Based Learning, Ecobrick, EcoliteracyAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran project based learning ecobrick terhadap tingkat ecoliteracy siswa pada ekstrakurikuler pramuka di MTSS Al Hikam Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian kelas VII pada ekstrakurikuler pramuka yang berjumlah 78 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya efektivitas penerapan model project based learning ecobrick terhadap tingkat ecoliteracy siswa. Terbukti dengan peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest dari pengetahuan ecoliteracy siswa yang awalnya 70,8 menjadi 89,9; sedangkan untuk sikap ecoliteracy siswa yang awalnya 72,5 menjadi 86,5. Selain itu, dari hasil lembar observasi keterampilan ecoliteracy siswa diperoleh nilai sebesar 96,6. Tingkat efektivitas dari penerapan model pembelajaran project based learning ecobrick terhadap pengetahuan ecoliteracy siswa setelah dilakukan uji n-gain memperoleh hasil 0,6681 dan pada uji n-gain sikap ecoliteracy siswa memperoleh hasil 0,4920, sehingga keduanya masuk dalam kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning ecobrick terbukti efektif dalam meningkatkan ecoliteracy siswa pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.