Persepsi Peserta Didik terhadap Aplikasi Teknologi Geospasial Pada Pembelajaran Geografi Kelas X Fase E MAN 1 Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.15294/zjndfx80Keywords:
Geografi; Persepsi; Teknologi GeospasialAbstract
Teknologi geospasial adalah teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan menampilkan data geografis berupa lokasi, bentuk, dan karakteristik suatu objek atau tempat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat persepsi peserta didik terhadap aplikasi teknologi geospasial pada pembelajaran geografi di MAN 1 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan Metode deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek dengan menggunakan metode total random sampling yang terdiri dari 356 peserta didik dari keseluruhan kelas X Fase E. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa kuisioner semi terbuka dengan menggunakan google form dan terdiri dari tiga pilihan jawaban yaitu iya, tidak, dan lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi peserta didik terhadap aplikasi teknologi geospasial pada pembelajaran geografi pada indicator pertama menjawab iya sebanyak 81,4% dengan tingkat persepsi Sangat Baik, pada indicator kedua dengan hasil yang sama sebanyak 81,4% peserta didik menjawab iya dengan tingkat persepsi Sangat Baik, dan pada indicator ketiga sebanyak 77,8% menjawab iya dengan tingkat persepsi Baik. Banyak dari peserta didik belum pernah menggunakan aplikasi teknologi geospasial dalam pembelajaran. Penggunaan pembelajaran berbasis teknologi geospasial juga belum dilakukan secara maksimal oleh guru geografi, hendaknya pembelajaran dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi teknologi geospasial. Guru dituntut untuk memaksimalkan dan menguasai penggunaan teknologi geospasial sebagai alat analisis geografi dalam proses pembelajaran.