Analisis Program Pembelajaran Kepariwisataan Masyarakat Desa Wisata Sembungan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo

Authors

  • Rudiyanto Rudiyanto Departemen Geografi, Universitas Negeri Semarang Author
  • Wahyu Setyaningsih Departemen Geografi, Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/xwn1tx97

Keywords:

Tourism Village, Tourism Components, Tourism Learning Program

Abstract

Desa Sembungan meraih penghargaan desa wisata terbaik kategori desa rintisan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan Kemenparekraf. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis pengelolaan komponen pariwisata dan program pembelajaran kepariwisataan masyarakat di Desa Wisata Sembungan. Teknik pengambilan sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik proporsional sampling didapatkan jumlah sampel sebanyak 78 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik berupa kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah 
deskriptif presentase. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: komponen pariwisata di Desa Wisata Sembungan yang ada di tiap objek wisata maupun di lingkup pemukiman masyarakat sudah tersedia dan dikelola dengan baik, dibuktikan dengan analisis data hasil observasi memperoleh persentase sebesar 81,6% yang masuk dalam kriteria Sangat Baik, hal ini karena setiap komponen yang ada dikoordinatori oleh seseorang yang ditunjuk oleh pengelola. Hasil selanjutnya program pembelajaran kepariwisataan masyarakat memperoleh persentase sebesar 54,7% dan masuk kriteria Cukup Baik. Program dengan tujuan menguatkan kapasitas 
dan kemandirian masyarakat tidak semua anggota dalam pokdarwis mendapatkan kesempatan untuk mengikuti. Sementara, tujuan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan tujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat semua anggota dari tiap kelompok mempunyai kesempatan dapat mengikuti program tersebut.

Downloads

Article ID

7718

Published

2024-08-31