EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE SIMULASI MITIGASI BENCANA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS
DOI:
https://doi.org/10.15294/k1m6vd96Keywords:
efektivitas, metode pembelajaran, simulasi, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Geografi menggunkan metode simulasi, menganalisis efektivitas penerapan metode simulasi, dan untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode simulasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Jatilawang yang mengambil peminatan mata pelajaran Geografi. Penentuan sampel menggunakan teknik non random sampling dengan metode purposive sampling dengan diperoleh kelas XI H sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, lembar observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kinerja guru pada kelas eksperimen dengan menerapakan metode simulasi sesuai dengan langkah pembelajaran pada modul ajar, sehingga memperoleh hasil sebesar 82,50% (kategori baik). 2) Penerapan metode pembelajaran simulasi pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Jatilawang termasuk dalam kategori cukup efektif, dengan hasil uji N-Gain Score sebesar 60,54% yang berarti penerapan metode tersebut cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 3) kendala penerapan metode simulasi tidak begitu terkendala ketika pelaksanaan, namun perlu ditingkatkannya manajemen waktu pada saat pelaksanaan pembelajaran. Hal tersebut terlihat waktu dua atau tiga jam pelajaran yang dirasa tergesa-gesa untuk melakukan kegiatan simulasi mitigasi bencana.