Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Persebaran Flora Fauna di Indonesia Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Vlog SMA Negeri 2 Ciamis
DOI:
https://doi.org/10.15294/0r577q98Abstract
Tujuan dari dilakukanya penelitian ini adalah untuk memanfaatkan penggunaan model discovery learning berbantuan media vlog pada materi persebaran flora dan fauna di Indonesia kelas XI SMA Negeri 2 Ciamis, dengan harapan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitati. Populasi dalam penelitian ini kelas XI IPS SMAN 2 Ciamis. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan model discovery learning berbantuan media vlog terdiri dari enam tahap, yakni Stimulation (Stimulasi/Pemberian rangsang) dengan berbantuan media vlog, Problem statement (Pernyataan/Identifikasi masalah), Data collection (Pengumpulan data), Data processing (Pengolahan data) dengan mengerjakan LKPD, Verification (Pembuktian) dengan presentasi hasil penemuan tiap kelompok, dan Generalization (Menarik kesimpulan) adanya kegiatan tanya jawab. Hasil motivasi belajar pada materi persebaran flora dan fauna kelas XI sebelum diterapkannya model discovery learning berbantuan media vlog memperoleh rata-rata sebesar 75,286, sedangkan setelah penerapan model discovery learning berbantuan media vlog memperoleh rata-rata 80,686. Pengaruh model discovery learning berbantuan media vlog terhadap motivasi belajar setelah dilakukan uji regresi linier sederhana memperoleh persamaan Y= 89,359+0,359 X. Terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan media vlog terhadap motivasi belajar sebesar 36 %.