Pengaruh Pembelajaran Teaching Factory dan Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Keahlian Busana SMK Negeri 1 Sragen
Keywords:
Teaching Factory, Praktik Kerja Lapangan, kesiapan kerja, dan SMK Negeri 1 SragenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara Teaching Factory dan Praktik kerja Lapangan terhadap kesiapan kerja siswa XI Keahlian Busana SMK Negeri 1 Sragen. Teaching Factory “Factory to Classrom” dan Praktik Kerja Lapangan Kurikulum Merdeka baru dimulai tahun 2022 untuk menunjang nilai SMK Pusat Keunggulan (2021) dan mengembangkan kompetensi siswa selaras dengan dunia kerja. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Keahlian Busana sejumlah 72 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data inferensial untuk menguji hipotesis dari teknik analisis regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan, dan koefisien determinasi. Sebelum diolah dilakukan uji prasyarat (asumsi klasik) yaitu normalitas, linearitas, dan multikolinearitas yang semua data diolah menggunakan SPSS 17. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 6.761+ 0.458 X1 + 0.387 X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Teaching Factory berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja busana dengan nilai sig. 0.001 < 0.05 dan 3.480 > t tabel 1.995, (2) Praktik kerja Lapangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja busana dengan nilai sig. 0.004 < 0.05 dan t hitung 2.975 > t tabel 1.995, (3) Teaching Factory dan Praktik Kerja Lapangan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja busana dengan nilai sig. 0.000 < 0.05 dan Fhitung 37.831 > Ftabel 3.130, dan (4) besar pengaruh Teaching Factory sebesar 28.5%, Praktik Kerja Lapangan 23.8%, dan secara bersama-sama (R Square) sebesar 52.3%.