Perancangan Desain Kaos Souvenir Khas Kota Surakarta sebagai Upaya Pengembangan Potensi Creativepreneurship Remaja

Authors

  • Nadia Sigi Prameswari Universitas Negeri Semarang Author
  • Muhammad Nasirul Umam Universitas Negeri Semarang Author
  • Maria Krisnawati Universitas Negeri Semarang Author
  • Maharani Intan Andalas Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

T-shirt design, Souvenirs, Solo City

Abstract

Terdapat sebanyak 2,54 juta orang atau setara 30,12% dari total pengangguran nasional adalah anak muda. Sehingga untuk mengurangi tingkat pengangguran pada anak muda dilakukan pengembangan skil kreative enterpreneure melalui desain grafis. Dengan skill desain grafis dapat dikembangkan  sebagai souvenir atau merchandise dengan perancangan desain grafis pada kaos yang mengangkat ciri khas kota solo. Tujuan penelitian ini adalah sebagai pengembangan konsep rancangan desain kaos ciri khas Kota Solo yang memiliki keunikan desain dengan pengengembangan ide-ide baru yang mampu menarik perhatian masyarakat, serta dapat menjadikan sebuah branding ciri khas kota solo sebagai oleh-oleh, souvenir atau merchandise. Metode yang digunakan adalah analisis SWOT dan model prototype. Adapun tahapan model prototype meliputi: (1) pengumpulan kebutuhan pengguna; (2) perancangan prototype; dan (3) evaluasi prototype. Hasil penelitian ini berupa desain kaos yang mencerminkan kota Solo secara khusus, sehingga dapat menjadi peluang untuk mencipkan karya desain kaos yang menjadi souvenir dari Kota Surakarta dan menjadi brand dari pemerintah kota surakarta. Tantangan dalam pembuatan desain ini adalah adanya banyak ikon yang dapat dikembangkan menjadi desain koas, dan adanya produk serupa dengan menggunakan konsep desain kota surakarta.

Downloads

Article ID

4970

Published

2024-10-08

Issue

Section

Articles