Kelayakan Media Pembelajaran Video Tutorial Pembuatan Saku Passepoille Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Tata Busana di SMK Muhammadiyah 1 Cepu
Keywords:
Kelayakan , Media, Video Tutorial, Saku PassepoilleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi abstraksi dalam penyampaian materi pembelajaran praktik selama kegiatan belajar digital. Revolusi global 4.0 membawa kemajuan teknologi dalam perkembangan proses pembelajaran, terbentuk inovasi digitalisasi sehingga berpengaruh terhadap gaya belajar manusia dalam berkomunikasi. Desain penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan model ADDIE. Lokasi penelitian berada di SMK Muhammadiyah 1 Cepu kabupaten Blora. Variabel penelitian ini merupakan variabel tunggal. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat lembar pengamatan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Sedangkan, uji coba dilakukan oleh siswa Tata Busana sejumlah 49 siswa. Hasil kelayakan dari validator ahli media 90% sangat layak. Hasil kelayakan dari validator ahli materi 85% sangat layak. Sedangkan, uji coba kelayakan medi melalui respon siswa 86% sangat layak. Kesimpulan penelitian media pembelajaran video tutorial membuat saku passepoille dinyatakan layak digunakan. Saran penilaian ahli media pada sub indikator kelengkapan, menambah referensi atau contoh yang lebih relevan guna memperkaya isi materi, dan ahli materi pada sub indikator sumber ide kreatif masih perlu ditingkatkan dalam menghasilkan ide-ide kreatif yang lebih inovatif perlu melakukan pelatihan tambahan bagi pengembang materi.