STUDI RELEVANSI PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DENGAN MINAT TECHNOPRENEUR SISWA TEKNIK MESIN SMK NEGERI 4 SEMARANG

Authors

  • Ade Nurdyansyah Universitas Negeri Semarang Author
  • Sunyoto Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Analisis, Pembelajaran Teaching factory, dan technopreneur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan 7 parameter teaching factory, mengetahui kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan teaching factory, dan menganalisis minat technopreneur pada siswa yang terlibat dalam pelaksanaan teaching factory pada Program Keahlian Teknik Mesin di SMK Negeri 4 Semarang. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu 7 guru produktif dan 40 siswa pada Program Keahlian Teknik Mesin di SMK Negeri 4 Semarang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian dalam pelaksanaan 7 parameter teaching factory pada Program Keahlian Teknik Mesin di SMK Negeri 4 Semarang mendapatkan nilai total rata-rata sebesar 74,5% dan termasuk berjalan dengan baik. Hasil Penelitian dari kendala dan permasalahan dalam pelaksanaan teaching factory pada Program Keahlian Teknik Mesin di SMK Negeri 4 Semarang yaitu belum adanya dunia usaha/dunia industri yang mau bekerja sama atau atau berkolaborasi. Hasil penelitian mengenai minat technopreneur pada siswa yang terlibat dalam pelaksanaan teaching factory pada Program Keahlian Teknik Mesin di SMK Negeri 4 Semarang mendapatkan nilai total skor rata-rata sebesar 84,1% dan termasuk berminat sangat tinggi.

Downloads

Published

2025-05-26

Article ID

24938

Issue

Section

Articles