This is an outdated version published on 2025-04-19. Read the most recent version.

Strategi Efektif Guru Kearsipan Dalam Pengelolaan Kelas SMK Pangudi Luhur Tarcisius Guna Meningkatkan Pembelajaran Produktif

Authors

  • Laelatul Khoiriyah Universitas Negeri Semarang Author
  • Satria Bintang Cahya Universitas Negeri Semarang Author
  • Anis Susanti Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Strategi, Peran Guru, Pengelolaan Kelas

Abstract

Kurangnya situasi dan kondisi yang ada di kelas menyebabkan proses belajar mengajar menjadi terhambat. Guru mempunyai peran penting dalam melakukan pengelolaan kelas dengan tujuan agar pelaksanaan pembelajaran menjadi kondusif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami Strategi Efektif Guru Kearsipan Dalam Pengelolaan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pangudi Luhur Tarcisius, Jawa Tengah. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk memastikan bahwa proses pembelajaran di SMK Pangudi Luhur Tarcisius sesuai dengan harapan untuk mencapai tujuan pembelajaran, Guru Kearsipan menerapkan strategi pembelajaran yang terstruktur, memberikan motivasi kepada siswa untuk berpartisipasi secara aktif, serta memahami karakteristik dan gaya belajar siswa untuk mengembangkan ketera pilan sosial serta pemahaman konsep. Strategi tersebut cukup efektif dalam penerapannya untuk meningkatkan kondisi pmebelajaran yang produktif. Evaluasi dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana strategi pengelolaan kelas dapat berperan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran produktif.

Downloads

Published

2025-04-19

Versions

Article ID

6890

Issue

Section

Articles