Peran Guru Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran di SMK Teuku Umar

Authors

  • Aditya Putra Ramadhan Universitas Negeri Semarang Author
  • Natasyia Ayu Ramadina Universitas Negeri Semarang Author
  • Aulia Prima Kharismaputra Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Peran Guru, Kurikulum Merdeka, Perencanaan Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak peran guru dalam perencanaan pembelajaran terhadap kualitas pengajaran di SMK Teuku Umar. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru sekolah dengan menggunakan strategi subjektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam perencanaan pembelajaran sangat penting dalam penyampaian pembelajaran dan mutu pendidikan. Guru di SMK Teuku 
Umar secara efektif mencoba mengembangkan metode pembelajaran seperti pemilihan strategi utama, memahami kebutuhan peneliti, dan mengintegrasikan inovasi dalam proses belajar mengajar. Namun demikian, masih terdapat tantangan yang harus kita hadapi, terutama dalam mengikuti kemajuan teknologi dan memperkenalkan pendekatan pembelajaran yang inovatif. Oleh karena itu, disarankan agar guru terus 
mengembangkan diri dalam hal pemanfaatan teknologi dan memperdalam pemahaman tentang model pembelajaran inovatif. Dukungan pihak sekolah dan peningkatan modul pengajaran yang tepat juga menjadi faktor penting untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan di SMK Teuku Umar. 

Downloads

Published

2025-04-19 — Updated on 2025-05-26

Versions

Article ID

7094

Issue

Section

Articles