Pengaruh Penggunaan Hot Cream Dan Air Hangat Untuk Meningkatkan Rom Ankle Pada Siswa Putra Ekstrakulikuler Bola Basket SMA Masehi 1 Semarang

Authors

  • Anggito Habimayu Anggito PJKR FIK UNNES Author
  • Supriyono Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Pengaruh, Hot Cream, Air Hangat, ROM Ankle, Bola Basket

Abstract

Olahraga bola basket merupakan olahraga yang harus melibatkan kontak fisik dan hal tersebut salah satu yang menyebabkan cedera olahraga. aktivitas fisik yang berlebih, terutama saat melakukan olahraga, pasti selalu menghadapi kemungkinan cedera, dan cedera tersebut memengaruhi aktivitas fisik, kesehatan mental, dan kinerja. Apabila cedera tidak mendapatkan penanganan dengan tepat dan baik hal tersebut akan menganggu kondisi atlet dalam melanjutkan aktivitas olahraga nya sehingga tidak mencapai ekspektasi yang sudah di rencanakan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh hot cream dan 2) mengetahui pengaruh air hangat serta 3) menganalisis perbedaan pengaruh dan 4) mengetahui pengaruh yang lebih baik antara hot cream dan air hangat untuk meningkatkan ROM ankle pada siswa putra ekstrakulikuler bola basket SMA Masehi 1 Semarang.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental. teknik pengambilan data menggunakan instrumen tes dan pengukuran yaitu pre test dan post test. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria inklusi dan ekslusi mendapatkan 20 sampel dari total 25 populasi siswa putra ekstrakulikuler bola basket SMA 1 Masehi Semarang. Teknik analisis data menggunakan program IBM Statistical Product And Service Solution (SPSS) versi 24.

Berdasarkan hasil penelitian terdapat  1) kelompok perlakuan hot cream memiliki pengaruh untuk meningkatkan ROM yang signifikan yaitu memiliki presentase peningkatan sebesar 69%. 2) kelompok perlakuan air hangat yaitu memiliki pengaruh untuk meningkatkan ROM yang lebih signifikan yaitu memiliki presentase peningkatan 79%. Dengan hasil analisis tersebut 3) ada perbedaan pengaruh dibuktikan adanya selisih peningkatan yang signifikan sebesar 10%. Dari data tersebut faktanya 4) Air Hangat memiliki pengaruh yang lebih besar untuk meningkatkan ROM ankle

Simpulan dari penelitian ini bahwa 1) Ada pengaruh perlakuan hot cream untuk membantu meningkatkan ROM pada ankle. 2) Ada pengaruh perlakuan air hangat untuk membantu meningkatkan ROM pada ankle. 3) Ada perbedaan pengaruh antara hot cream dan air hangat untuk meningkatkan ROM pada ankle. 4) Air hangat memiliki pengaruh yang lebih baik untuk membantu meningkatkan ROM pada ankle. Saran yang dapat diberikan bahwa perlakuan air hangat dapat memberikan pengaruh yang lebih efektif untuk membantu meningkatkan ROM pada angkle bahkan air hangat memiliki pengaruh yang lebih baik untuk meningkatkan ROM angkle pada siswa putra ekstrakulikuler bola basket SMA Masehi 1 Semarang.

Downloads

Article ID

1100

Published

2024-06-30