Faktor - Faktor Penghambat Proses Pembelajaran Renang Pada Siswa Siswi Di SD Negeri Kalimati 01 Kabupaten Brebes

Authors

  • Muhammad Aulya Augusta Qinthara Universitas Negeri Semarang Author
  • Supriyono Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Swimming, Education, Primary Education, Obstacles

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan di lapangan. Praktik untuk materi renang
pada saat proses pembelajaran olahraga pernah terlaksana dengan baik, namun pada
saat ini kegiatan tersebut sudah tidak terlaksana. Hal tersebut dikarenakan faktor
penghambat diantaranya faktor finansial, kondisi ekonomi orang tua murid yang
mayoritas kurang mampu menjadi masalah dalam pelaksanaan mata pelajaran olahraga
renang. Selanjutnya, lokasi SD yang jauh dari tempat gedung olahraga yang terdapat
fasilitas kolam renang, serta adanya retribusi tiket masuk. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat proses pembelajaran renang pada
siswa siswi di SD Negeri Kalimati 01 Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan survey
dalam pengumpulan data dengan memanfaatkan kuesioner sebagai instrument
penelitian. Populasi penelitian ini mencangkup seluruh siswa SD Negeri Kalimati 01
TA 2023/2024 yang berjumlah 69 peserta didik. Sedangkan pengambilan sampel
menggunakan total sampling/penelitian populasi. Yang melibatkan seluruh siswa dari
SD Negeri Kalimati 01 yang merupakan populasi penelitian. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang menjadi penghambat dalam proses
pembelajaran renang pada siswa SD, diantaranya: faktor guru, faktor siswa, faktor
kurikulum, faktor sarana dan prasarana, faktor orang tua. Dari temuan tersebut dapat
disimpulkan bahwa terdapat lima faktor yang menjadi penghambat proses pembelajaran
renang pada siswa SD. Saran yang dapat diberikan yaitu penelitian ini diharapkan dapat
memberikan kontribusi berharga dalam meningkatkan kualitas pembelajaran renang di
SD Negeri Kalimati 01, serta menjadi panduan bagi pengambil kebijakan dan praktisi
pendidikan di tingkat dasar.

Downloads

Article ID

1112

Published

2024-06-30