Pengembangan Permainan Bola Voli Bovbeng Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dabin Tengah Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali

Authors

  • Herlambang Bangun Triatmojo Universitas Negeri Semarang Author
  • Agus Pujianto Universitas Negeri Semarang Author
  • Supriyono Universitas Negeri Semarang Author
  • Wahyu Ragil Kurniawan Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/inapes.v6i1.14401

Keywords:

Bovbeng Game, Development, Modified Game, Physical Education, Volleyball

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa pengembangan “Permainan Bovbeng” yang efektif dalam pembelajaran bola voli bagi siswa kelas V sekolah dasar daerah binaan tengah Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D yang dikembangkan oleh Sugiyono. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan cara evaluasi ahli, kuesioner siswa, pengamatan, observasi, dan wawancara. Semua data tersebut diolah secara analisis deskriptif persentsae. Uji skala kecil melibatkan 15 siswa dari 1 sekolah dan uji skala besar melibatkan 54 siswa dari 3 sekolah. Hasil kuesioner ahli memperoleh 89.33%, total uji skala kecil 80.23%, dan total uji skala besar 93.35%. Dengan demikian “Permainan Bovbeng” memenuhi kriteria “Sangat Baik” dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran bola voli untuk siswa sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-05-31

Article ID

14401

Issue

Section

Articles