Analisis Pendidikan Karakter dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Kelas VI Sekolah Dasar di Kecamatan Rakit

Authors

  • Ajib Akbar Maulana Universitas Negeri Semarang Author
  • Hermawan Pamot Raharjo Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Character, Education, PJOK , RPP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengintegrasian pendidikan karakter dalam
RPP PJOK Kelas VI Sekolah Dasar di Kecamatan Rakit. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter sudah terintegrasi dalam RPP
PJOK. Dari 18 aspek pendidikan karakter yang dianalisis, dapat ditemukan bahwa
sebanyak 10 aspek pendidikan karakter sudah terintegrasi dalam RPP yang antara lain
religius, jujur, disiplin, mandiri, demokratis, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu,
komunikatif, dan tanggung jawab. Simpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar
pendidikan karakter sudah diintegrasikan sebanyak 10 pendidikan karakter yakni religius,
jujur, disiplin, mandiri, demokratis, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, komunikatif dan
tanggung jawab. Sebagian kecil pendidikan karakter belum terintegrasi sebanyak 8
pendidikan karakter yakni toleransi, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, dan peduli sosial. 

Downloads

Article ID

1881

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles