Pengembangan Senam Animal Ceria Dalam Pembelajaran Aktivitas Senam Ritmik Pada Siswa SD Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten

Authors

  • Armayta Dwi Tadita Universitas Negeri Semarang Author
  • Dwi Gansar Santi Wijayanti Universitas Negeri Semarang Author
  • Agus Pujianto Universitas Negeri Semarang Author
  • Ipang Setiawan Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/inapes.v6i1.19422

Keywords:

Animal Ceria Dance, Gymnastics, Learning, Rhythmic

Abstract

Pembelajaran senam ritmik di tingkat sekolah dasar masih perlu pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pengembangan Senam Animal Ceria pada pembelajaran senam ritmik siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu dari Borg & Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang diperoleh dari 1 ahli senam dan 3 ahli pembelajaran, serta data kuisioner dan pengamatan yang didapat dari uji coba skala kecil yang dilakukan pada siswa kelas III di SD N Beku dan uji coba skala besar dilakukan pada siswa kelas III dan IV di SD N 2 Karangan dan SD N 2 Gledeg. Berdasarkan hasil kuisioner uji coba skala kecil, diperoleh rata-rata hasil kuisioner sebesar 91,83% (sangat baik). Sedangkan pada uji coba skala besar diperoleh rata-rata hasil kuisioner sebesar 87% (sangat baik). Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan produk senam dengan nama “Senam Animal Ceria” yang dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran senam ritmik. (2) model Senam Animal Ceria layak diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani siswa sekolah dasar kelas III dan IV di Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten.

Downloads

Published

2025-05-31

Article ID

19422

Issue

Section

Articles