Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pairing Sharing Dalam Materi Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas V di SDN Sarirejo 2

Authors

  • Ari Mukti Pamungkas Universitas Negeri Semarang Author
  • Sulaiman Universitas Negeri Semarang Author
  • Agung Wahyudi Universitas Negeri Semarang Author
  • Dwi Tiga Putri Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

cooperative learning, Passing under volleyball, Think pairing sharing

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Pendidikan bertujuan untuk menumbuh kembangkan potensi peserta didik potensi fisik, potensi kreatif, rasa, dan karsa. Untuk mencapai tujuan pendidikan, pendidikan jasmani adalah suatu proses yang dilakukan melalui aktivitas jasmani secara metodis untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan, meningkatkan kemampuan dan keterampilan jasmani, mengembangkan kecerdasan. dan karakter salah satunya dalam materi bola voli. dalam pembelajaran bola voli kebanyak siswa kurang aktif dalam pembelajaran bola voli. Oleh karena itu, Melalui Pendidikan jasmani diperlukan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, salah satunya dengan model pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rencana dan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Think Pairing Sharing dalam materi passing bawah bola voli pada siswa kelas V di SDN Sarirejo 2. Metode penelitian ini adalah eksperimen melalui pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa  kelas V SDN Sarirejo 2 berjumlah 19 siswa. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 19 siswa dengan menggunakan Teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket berupa pre test dan post test. Analisis data yang dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat (uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan kesukaran), dan uji syarat (uji normalitas dan uji t) menggunakan bantuan Exel dan SPSS 23. Hasil penelitian memperoleh data awal dengan rata-rata 24,26 dan data akhir memperoleh rata-rata 29,47. Kemudian data dianalisis menggunakan SPSS 23 menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan dari uji t menghasilkan perhitungan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pairing Sharing berpengaruh positif dan signifikan dalam materi passing bawah bola voli siswa. Simpulan dari penelitian adalah pembelajaran kooperatif tipe Think Pairing Sharing berpengaruh positif dan signifikan dalam materi passing bawah bola voli pada siswa kelas V di SDN Sarirejo 2 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Melalui hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam proses pembelajaran yang berkelanjutan.

Downloads

Article ID

2566

Published

2024-06-30