Implementasi Pembelajaran Aktivitas Gerak Berirama Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Gunungpati Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Dwi Rejeki Utami Utami Mahasiswa Author
  • Ricko Irawan Universitas Negeri Semarang Author
  • Harry Pramono Universitas Negeri Semarang Author
  • Agus Pujianto Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Learning, rhythmic movement, merdeka curriculum

Abstract

Terdapat perbedaan materi gerak berirama yang diberikan dan kesulitan mempersiapkan
perencanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka. Tujuan penelitian untuk
mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran aktivitas
gerak berirama pada kelas V SD Negeri kecamatan Gunungpati tahun ajaran 2023/2024.
Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek 4 guru penjas melalui teknik
pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu
kemampuan guru dalam proses pembelajaran meliputi perencanaan dilakukan dengan
persiapkan ATP dan Modul Ajar dari pemerintah lalu dimodifikasi didahului asesmen
diagnostik, pelaksanaan pembelajaran melalui senam kreasi atau senam baku yang
berpusat kepada peserta didik, dan penilaian proses pembelajaran dilakukan secara
formatif selama pembelajaran serta sumatif di akhir pembelajaran namun membuat
instrumen penilaian sendiri yang diambil dari indikator pada modul ajar. Kesimpulannya
yaitu kemampuan guru dalam proses pembelajaran aktivitas gerak berirama meliputi
perencanaan telah dilakukan 3 guru, pelaksanaan oleh 3 guru, dan penilaian formatif 
oleh 4 guru serta penilaian sumatif oleh 3 guru. Penelitian selanjutnya diharapkan
menambah kriteria sumber informan yang lebih spesifik dan lebih meluas tidak hanya
pembelajaran aktivitas gerak berirama pada kelas V tingkat sekolah dasar.  

Downloads

Article ID

2691

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles