Implementasi Pembelajaran PJOK Pada ABK Sekolah Dasar Inklusi di Kecamatan Candisari Kota Semarang

Authors

  • Muhammad Khoirun Najib Universitas Negeri Semarang Author
  • Ranu Baskora Aji Putra Universitas Negeri Semarang Author
  • Cahyo Yuwono Universitas Negeri Semarang Author
  • Dwi Tiga Putri Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

inclusive , Learning, Physical education

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tidak adanya guru pendamping khusus ABK,
kurangnya guru PJOK, dan mayoritas ABK mengalami gangguan tunagrahita/
keterlambatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran PJOK di sekolah dasar inklusi SDN
Karanganyar Gunung 02. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek
kepala sekolah dan guru PJOK. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PJOK
di SDN Karanganyar Gunung 02 belum menerapkan Program Pembelajaran Individual
(PPI) bagi ABK. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran masih disamakan dengan
siswa regular. Evaluasi pembelajaran hanya berdasarkan pengamatan perkembangan saat
siswa melakukan gerakan dan bersosialisasi. Kesimpulannya perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi pembelajaran PJOK inklusi di SDN Karanganyar Gunung 02 belum
berjalan dengan baik. Hal tersebut dikarenakan pembuatan perangkat ajar PJOK pada
ABK masih disamakan dengan siswa regular. Dari segi proses pembelajaran PJOK ABK
masih disamakan dengan siswa regular. Pendampingan terhadap ABK di SDN
Karanganyar Gunung 02 hanya dilakukan apabila siswa mengalami kesulitan.  

Downloads

Article ID

2964

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles