Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dalam Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar Kelas II Dan V Di Kecamatan Belik Kabupaten Belik Tahun 2023

Authors

  • Arifatul Farida Farida PJKR FIK UNNES Author
  • Supriyono Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

physical education, Learning, Curriculum, Elementary school

Abstract

Implementasi yang diterapkan masih menggunakan metode lama dan kurangnya
pengetahuan guru dalam mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan,
dikarenakan pengajar sulit untuk adaptasi dengan kurikulum yang baru, Sehingga
pelaksanaan pembelajaran masih belum terlaksana sesuai dengan kurikulum merdeka
belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengetahuan, keterampilan
dan sikap guru pendidikan jasmani dalam kurikulum merdeka. Jenis pendekatan yang
di gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini
menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian ini
meliputi pengetahuan, keterampilan dan juga sikap dalam kurikulum merdeka.
Aktivitas dalam analisis data yang dipakai yaitu reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan. Hasil penelitian yaitu menggunakan responden dari kepala sekolah, guru
pendidikan jasmani dan perwakilan siswa kelas 2 dan kelas 5. Semua sekolah dasar
negeri di Kecamatan Belik sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar.
Pengetahuan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani sudah dapat
dikatakan baik sesuai dengan perolehan hasil dari penelitian dilapangan.Simpulan
dari penelitian ini yaitu Semua sekolah dasar negeri di Kecamatan Belik sudah
menerapkan kurikulum merdeka belajar. Bebarapa saran dari kepala sekolah dan guru
PJOK untuk dinas pendidikan dan kemendikbud untuk mengevaluasi lebih dalam
mengenai strategi atau metode yang digunakan dalam kurikulum merdeka belajar.
 

Downloads

Article ID

3181

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles