Survei Manajemen Pembinaan Prestasi Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMAN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan

Authors

  • Rizka Vioni Shaumita Universitas Negeri Semarang Author
  • Tommy Soenyoto Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

management, achievement , development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajeman pembinaan prestasi Kelas Khusus
Olahraga di SMAN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan dilihat dari faktor endogen dan
faktor eksogen. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan
kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan
wawancara. Responden dalam penelitian ini berjumlah 122 responden yang terdiri dari
peserta didik KKO, pelatih, dan pengurus. Teknik analisis data digunakan untuk
mencari besar frekuensi relatif presentase. Hasil penelitian Manajemen Pembinaan
Prestasi Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMAN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan
dilihat dari faktor endogen dan eksogen berada pada kategori sangat kurang sebesar
7.07%, kategori kurang sebesar 18.85%, kategori sedang sebesar 26.01%, kategori baik
sebesar 27.55%, dan kategori sangat baik sebesar 20.51%. Simpulan penelitian ini adalah
Manajemen Pembinaan Prestasi Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMAN 1 Bojong
Kabupaten Pekalongan berdasarkan faktor endogen berada pada kategori baik dan
faktor eksogen berada pada kategori sedang. Saran yang diberikan adalah sekolah dapat
membuat kurikulum khusus untuk KKO, perekrutan peserta didik KKO dan pelatih
yang lebih ketat, serta pembentukan tim monitoring dan evaluasi yang independen oleh
sekolah. Penelitian selanjutnya disarankan untuk lebih berfokus meneliti terkait
manajemen organisasi yang ada pada sekolah penyelenggara KKO. 

Downloads

Article ID

3628

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles