Pengembangan Permainan Tradisional Kasfet Untuk Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Dalam Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Keywords:
Kasti, Traditional game, Kasfet, Game developmentAbstract
Penelitian yang di lakukan bertujuan untuk menghasilkan suatu produk pengembangan permainan kasti, sehingga siswa lebih tertarik untuk bermain permainan tradisional. Produk tersebut dapat di gunakan sebagai acuan tenaga pendidik untuk pembelajaran gerak motorik kasar di Sekolah Dasar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan research and
development (R&D) yang di tulis oleh Borg dan Gall. Metode penelitian ini bertujuan mengasilkan suatu produk tertentu untuk sebuah trobosan memecahkan masalah yang ada. Langkah-langkah yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu (1) Menentukan potensi masalah penelitian (2) Pengembangan produk (3) Validasi ahli (4) Revisi produk awal (5) Uji coba skala kecil (6) Revisi akhir (7) Uji coba skala besar. Jenis data kualitatif di peroleh dari hasil wawancara dan angket berupa kritik dan saran dari ahli permainan tradisional, sedangkan data kuantitatif di peroleh dari angket siswa. Hasil uji coba lapangan di SD N 02 Banjararjo, SD N 01 Jintung, SDN 01 Kabupaten Kebumen, mendapatkan hasil prosentase sebesar 80%. Berdasarkan klarifikasi yang di kemukakan oleh Borg dan Gall hasil prosentase tersebut memenuhi kategori baik sehingga bisa di simpulkan bahwa model permainan kasfet dapat di gunakan untuk pembelajaran gerak motorik kasar di Sekolah Dasar.