Survei Kreativitas Guru PJOK Dalam Menyikapi Kendala Sarpras Pembelajaran Di Daerah Pesisir Kec. Sayung Tahun 2023

Authors

  • tedy syahrindra UNNES Author
  • Bambang Priyono UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Translator

Keywords:

Creativity, Learning, Creativity, Learning, Facilities and infrastructure constraints

Abstract

Penelitian ini didasari oleh temuan penulis di lapangan bahwasannya di Kecamatan
Sayung Kabupaten Demak yang terletak di daerah pesisir pantai utara Jawa, sarana dan
prasarana PJOK belum memadai. Fokus permasalahan dari penelitian ini adalah
Kendala Sarana dan Prasarana pembelajaran Pendidikan Jasmani di Kecamatan Sayung
Kabupaten Demak. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa tingkat
Kreativitas Guru Pendidikan Jasmani dalam mengajar Pembelajaran Pendidikan
Jasmani di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Metode Penelitian ini menggunakan
Penelitian Kuantitatif Deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
Angket dan Dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah semua Guru Pendidikan
Jasmani Sekolah Dasar di Daerah Pesisir Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kendala-kendala sarana dan prasarana dalam
pembelajaran Pendidikan Jasmani terutama di luar kelas di Kecamatan Sayung, contoh
kendala yang muncul adalah tergenangnya area lapangan sekolah, ketersediaan alat
olahraga yang terbatas, kondisi alat olahraga yang tidak layak, media pembelajaran yang
diberikan guru kurang menarik, ketertarikan pada olahraga yang masih sangat minim.
Dari hasil ini peneliti menyarankan agar Guru Penjas Sekolah Dasar di daerah pesisir
Kecamatan Sayung Kabupaten Demak dapat meningkatkan kemampuannya dalam
memahami permasalahan yang ada dan meningkatkan keterbukaannya terhadap akses
informasi dan hal-hal baru dari luar serta mempertahankan kemampuannya dalam
menciptakan ide dan modifikasi sarpras yang telah dilakukan.

Downloads

Article ID

4918

Published

2024-06-30