Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Negeri Se- Kecamatan Sumowono
Keywords:
learning, merdeka curriculum, physical educationAbstract
Kurikulum Merdeka merupakan terobosan baru yang dilakukan pemerintah untuk
memberikan keleluasaan terhadap peserta didik dalam pembelajaran. Penerapan
kurikulum merdeka dalam pada pembelajaran PJOK pendidik harus memiliki
kemampuan untuk mengemas pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui : (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Evaluasi pembelajaran PJOK
dalam Kurikulum Merdeka di SD Negeri Se-Kecamatan Sumowono. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 12 guru PJOK di SD Negeri
Se-Kecamatan Sumowono. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran PJOK dalam kurikulum
merdeka dikategorikan cukup hal ini dibuktikan masih banyaknya guru PJOK yang
masih belum cukup siap dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran Kurikulum
Merdeka (2) Pelaksanaan pembelajaran PJOK dalam Kurikulum Merdeka dikategorikan
cukup karena pelaksanaan pembelajaran guru telah melakukan tahapan pendahuluan,
inti dan penutup dan pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru tetapi pada siswa (3)
Evaluasi pembelajaran PJOK dalam kurikulum merdeka dikategorikan cukup karena
guru tidak hanya menilai pada hasil ulangan harian, ulangan tengah semester dan
ulangan akhir semester namun guru juga menilai dari kognitif, psikomotorik dan afektif.