Pendidikan Kecakapan Hidup sebagai Upaya Pengembangan Jiwa Wirausaha di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Pati

Authors

  • Mike Meida Diningrum Universitas Negeri Yogyakarta Author
  • Andi Suhardiyanto Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/189e2n57

Keywords:

Pendidikan, Life Skill, Jiwa Entrepreneur

Abstract

Pendidikan life skill merupakan solusi bagi masyarakat untuk mengenyam pendidikan dan mengembangkan keterampilan tenaga kerja tanpa memandang latar belakang waktu, usia, situasi dan kondisi peserta didik yang ada. Nilai kewirausahaan yang terdapat pada pendidikan life skill di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pati dapat membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan, kewirausahaan, dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan pendidikan life skill sebagai upaya pengembangan jiwa entrepreneur di SKB Pati. (2) Mendiskripsikan jenis-jenis keterampilan yang diajarkan pada pendidikan life skill di SKB Pati. (3) Mengetahui nilai kewirausahaan yang diajarkan pada pendidikan life skill di SKB Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder melalui informan, foto, dan kepustakaan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk pengembangan jiwa entrepreneur pada pelaksanaan program pendidikan life skill dilakukan melalui kegiatan entrepreneur dan mata pelajaran kewirausahaan. (2) Jenis keterampilan yang terdapat di SKB Pati yaitu hantaran, menjahit dan komputer. (3) Nilai kewirausahaan yang terdapat dalam program pendidikan life skill diantaranya nilai kemandirian, kreatifitas, inovatif, leadership, disiplin, tanggung jawab, dan komunikatif.

Downloads

Author Biography

  • Andi Suhardiyanto, Universitas Negeri Semarang

    -

Downloads

Article ID

16302

Published

2025-03-02