PENGARUH IMPLEMENTASI METODE BLENDED LEARNING DAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI SE-DABIN II KECAMATAN KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA

Authors

  • Ismi Nur Afifah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia Author
  • Teguh Supriyanto Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsi pengaruh implementasi metode blended learning dan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Dabin II Kecamatan Karangkobar Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri Dabin II Kecamatan Karangkobar Kabupaten Banjarnegara sebanyak 228 siswa dengan sampel sebanyak 146 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan metode blended learning (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y) di SD Negeri Dabin II Kecamatan Karangkobar Kabupaten Banjarnegara (ρ1 ≠ 0) dengan pengaruh sebesar 38,90%. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pendekatan saintifik (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) di SD Negeri Dabin II Kecamatan Karangkobar Kabupaten Banjarnegara (ρ2 ≠ 0) dengan pengaruh sebesar 55,80%. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan metode blended learning dan pendekatan saintifik secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Dabin II Kecamatan Karangkobar Kabupaten Banjarnegara (ρ3 ≠ 0) dengan pengaruh sebesar 61,40%.

Downloads

Article ID

14792

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles