KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO BERBASIS ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA
Keywords:
Video Animasi, Motivasi Belajar, dan Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan media pembelajaran yang efektif terhadap motivasi dan hasil belajar mapel IPAS. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif eksperimen, dengan desain penelitian quasi experimental design (desain eksperimen semu) dalam bentuk nonequivalent control group design. Anggota populasi terdiri dari kelas IVA berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol di SD Negeri 04 Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar isian angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample t Test untuk menguji perbedaan dan uji N-Gain untuk menguji keefektifan Media Video Animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar pada kelas yang menggunakan media video berbasis animasi dan media konvensional, serta penerapan media video animasi lebih efektif dari pada media konvensional pada mapel IPAS kelas IV. Hal ini berdasarkan hasil analisis motivasi dan hasil belajar, diperoleh rata-rata nilai motivasi belajar kelas kelas eksperimen sebesar 84,51 dan kelas kontrol sebesar 71,51. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen sebesar 89,26 dan kelas kontrol sebesar 71,89. Melalui perhitungan rata-rata menunjukkan adanya perbedaan rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Disimpulkan bahwa penerapan media video animasi lebih efektif dari media konvensional pada Mapel IPAS materi Indonesiaku kaya budaya. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru hendaknya berusaha melakukan inovasi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat.